Penyebab Bayi Susah Makan

Bayi susah untuk makan?  Jangan panik dulu Bunda. Ada beberapa penyebab bayi susah untuk makan, diantaranya:

Tumbuh gigi

Ketika bayi tumbuh gigi pertama, biasanya bayi sulit untuk makan atau menolak untuk makan. Hal ini dikarenakan ia merasakan nyeri dan sakit. Coba bunda cek gusinya. Gigi mau tumbuh biasanya ditandai dengan bengkaknya gusi. Solusinya berikan makanan sedikit-sedikit dan lembek/cair.

Sariawan

Penyebab lain bayi susah makan ialah bayi sedang mengalami sariawan. Bunda bisa periksa mulut dan gusinya. Tanda sariawan adanya bulatan-bulatan putih agak pink di sekitar gusi. Selain itu warna gusinya juga menjadi lebih merah. Kondisi ini membuat bayi jadi rewel karena merasakan kesakitan di mulutnya. Bahkan untuk mengecap makanan pun juga perih.

Sakit

Bayi yang sedang demam, pilek, batuk, atau penyakit lainnya cenderung tidak nafsu makan. Tetaplah memberi ASI atau sufor yang cukup kepada bayi agar kondisinya segera pulih. Kalo panasnya cukup tinggi dan dalam beberapa hari belum juga turun demamnya, sebaiknya bunda bawa ke dokter untuk memeriksanya.

Ingin Variasi Makanan

Kadang kebosanan membuat anak-anak susah untuk makan. Menu makanan yang itu-itu saja, membuat anak-anak tidak nafsu untuk memakannya. Ada baiknya bunda mengganti menu. Yang tidak kalah penting juga membuat tampilan/sajian yang menarik untuk anak-anak.

Bersama Syafa Daycare
Membiasakan Anak dengan Akhlak Islami
CP. 0838.1324.0255 / 0822.1109.2410 (WA)
www.syafadaycare.blogspot.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebelum Menitipkan Anak di Daycare

Keuntungan Menitipkan Anak di Daycare

Jadwal Kegiatan Syafa Day Care