Pendidikan Seks Kepada Anak Usia Dini

Terkadang orang tua menjadikan pendidikan seksual  hal yang tabu untuk diperbincangkan dalam keluarga. Padahal dengan memberikan pendidikan seksual sejak dini kepada anak, bisa menghindarkan hal-hal yang dilarang agama saat anak beranjak remaja kelak. Dan anak-anak terhindar dari pemahaman yang salah tentang pendidikan seksual, yang bisa sangat membahayakan bagi mereka. Untuk itu, sejak dini, kita harus mengajarkan anak pendidikan seksual, tentunya sesuai dengan usianya.

Beberapa hal yang perlu diberitahu kepada anak ketika mekakukan pendidikan seksual pada anak:

Pertama, ajarkan nama-nama bagian tubuh dan fungsinya. Misalnya manusia punya mata untuk melihat, punya dua kaki untuk berjalan, punya alat kemaluan utk buang air kecil, dll. Pada usia ini, anak diharapkan sudah bisa mengerti bagian tubuh mana yang tidak boleh dilihat oleh orang lain. Kalau ada orang yang ingin menyentuh bagian tubuh yang dilarang dilihat itu, maka katakan pada anak untuk teriak atau segera melaporkannya.

Kita katakan pada anak, ”Adik, bagian tubuh ini tidak boleh disentuh ya sayang.”. Begitupun juga ketika ada yang menyentuh bagian privasinya, maka tekankan sekali lagi agar anak segera bereaksi dengan berteriak atau menghindar sesegera mungkin

Kedua, ajarkan konsep perbedaan jenis kelamin kepada anak. Orang tua perlu mengajarkan anak tentang perbedaan jenis kelamin antara perempuan dan laki-laki. Memberikan contoh bahwa laki-laki nantinya akan seperti ayah dan perempuan seperti ibu. Ajarkan juga tugas dan peran ayah dan ibu di rumah.

Ketiga, Tanamkan budaya malu kepada anak. Orang tua harus mengajarkan rasa malu kepada anak agar anak dapat menghargai dirinya sendiri. Mengajarkan batasan-batasan dalam bermain dengan lawan jenis. Memberi arahan untuk tidak melepas dan mengganti pakaian di tempat umum. Mengajarkan toilet training yg benar sehingga anak-anak paham dimana dan bagaimana seharusnya membuang air kecil dan besar dengan benar.

Orang tua harus mengajarkan menutup aurat anak dan menutup aurat diri orang tua itu sendiri. Aurat si anak tidak sembarangan dilihat oleh orang lain yang bukan mahramnya.

Bersama Syafa Daycare
Membiasakan Anak dengan Akhlak Islami
CP. 0838.1324.0255 / 0822.1109.2410 (WA)
www.syafadaycare.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebelum Menitipkan Anak di Daycare

Keuntungan Menitipkan Anak di Daycare

Jadwal Kegiatan Syafa Day Care