Agar Anak Menjadi Penyejuk Jiwa (Qurrata A'yun)

Setiap hari dan setiap saat kita tidak pernah jemu berdoa mengharapkan anak yang menyejukkan mata (qurrata'ayun) dengan berdoa, “Ya Tuhan kami anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyejuk mata (kami) dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. A; Furqon : 74)

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud qurrataa a'yun. Ibnu ‘Abbas ra  berkata: “Qurrata a’yun maksudnya adalah keturunan yang mengerjakan ketaatan, sehingga dengan ketaatannya itu membahagiakan orangtuanya di dunia dan akhirat.”

Imam Hasan Al-Bashri berkata, “Allah akan memperlihatkan kepada hamba-Nya yang beriman, demi Allah tidak ada sesuatu pun yang lebih menyejukkan pandangan mata seorang muslim dari pada ketika dia melihat anak, cucu, saudara dan orang-orang yang dicintainya taat kepada Allah SWT.”

Secara mendasar, istilah Qurrata a’yun memiliki dua makna; Pertama, kata qurra bermakna tsabat, ketenangan dan keteguhan. Artinya, istri dan anak yang memiliki sifat qurrata a’yun adalah meraka yang memberikan ketenangan dan keteguhan. Jadi, harapan orang, mereka kelak mereka menjadi wasilah untuk meraih ketenangan jiwa.

Kedua, kata qurra memiliki makna yang kedua adalah dingin dan sejuk. Sehingga, makna qurrata a’yun adalah air mata yang menyejukkan dan sebagai pendingin pandangan mata/hati. Ia memiliki makna air mata kesejukan. Sebab, air mata yang dingin dan sejuk yang mengalir dari mata seseorang menunjukkan kesenangan dan kegembiraan. Berbada halnya bila air mata yang mengalir terasa hangat atau panas, maka air mata itu menunjukkan kegelisahan dan kekhawatiran. Harapan seorang ayah, anak dan istrinya menjadi sarana kebahagiaannya yang mampu mengalirkan air mata yang sejuk yang menunjukkan kebahagiaan dan kesenangan.

Bersama Syafa Day Care
Membiasakan Anak dengan Akhlak Islami
CP. 0838.1324.0255 / 0822.1109.2410 (WA)
www.syafadaycare.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebelum Menitipkan Anak di Daycare

Keuntungan Menitipkan Anak di Daycare

Jadwal Kegiatan Syafa Day Care