Sebelum Menitipkan Anak di Daycare

Sebelum memasukkan anak ke tempat penitipan anak atau daycare, ada baiknya orang tua     melakukan survey awal. Survey awal penting dilakukan untuk menentukan daycare yang sesuai dengan pilihan orangtua. Pertimbangan pertama adalah dari segi fasilitas yang disediakan oleh daycare. Yang menjadi perhatian orang tua bukan sekedar fasilitas mahal/mewah tetapi yang terpenting fasilitas yang ada bisa digunakan dengan baik untuk merangsang tumbuh kembang anak.

Pertimbangan kedua, dari sisi keamanan. Apakah lokasi daycare adalah lokasi yang keamanannya terjamin. Misalnya ada security (penjaga keamanan) atau CCTV yang bisa menunjang sisi keamanan. Apakah pihak daycare memiliki sistem keamanan dalam pengantaran anak dan penjemputan.

Ketiga, sisi praktis, misalnya mengenai mudah sulitnya akses masuk ke daycare dan jauh dekatnya jarak daycare dari rumah. Perlu juga dilihat kondisi lingkungan di mana daycare tersebut berada. Anak membutuhkan lingkungan yang sehat untuk berkembang secara optimal. Perlu dilihat ada tidaknya polusi baik suara maupun udara yang dapat mengancam kesehatan anak.

Yang berikutnya perlu diperhatikan  mengenai “kurikulum” yang ada di daycare. Meskipun masih merupakan tempat penitipan, daycare yang baik adalah daycare yang menyediakan kurikulum tumbuh kembang anak dari berbagai aspek, bukan hanya memperhatikan aspek perkembangan fisik saja namun juga aspek lain. Misalnya pemberian stimulasi motorik terstruktur sesuai dengan tahap perkembangannya.

Yang terakhir adalah perlunya dilihat mengenai rasio pengasuh / pendamping dan anak. Jumlah anak yang terlalu banyak dibanding pengasuhnya akan mengakibatkan tidak optimalnya perkembangan anak. Untuk itu, Mendiknas telah memberikan aturan mengenai rasio pengasuh dan anak dalam sebuah lembaga daycare. Misalnya untuk kelompok usia 1-2 tahun, satu orang pengasuh maksimal mengasuh 6 orang anak.


Bersama Syafa Day Care

Membiasakan Anak dengan Akhlak Islami
CP. 0838.1324.0255 / 0822.1109.2410 (WA)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keuntungan Menitipkan Anak di Daycare

Jadwal Kegiatan Syafa Day Care