Keuntungan Menitipkan Anak di Daycare

Yang ideal memang seharusnya orang tua mengasuh anaknya sendiri, akan tetapi kondisi sekarang makin banyak ibu yang membantu suami mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan keluarga. Menitip anak akhirnya menjadi salah satu solusi bagi ibu-ibu yang harus meninggalkan anak keluar rumah.. Pilihannya adalah menitipkan anak pada kakek , neneknya atau anggota keluarga besar lainnya (paman, tante, dll), pengasuh, atau yang sekarang mulai banyak bermunculan adalah tempat penitipan anak (daycare).

Meskipun tetaplah bukan pilihan paling ideal dibanding mengasuh anak sendiri, menitipkan anak pada lembaga daycare mulai menjadi alternatif banyak orangtua yang bekerja. Hal ini karena tidak semua orangtua masih bisa meminta tolong kakek-nenek atau anggota keluarga besar lainnya, dan semakin tidak mudahnya mencari pengasuh anak pada masa sekarang. Selain itu, ada beberapa keuntungan yang bisa didapat jika orangtua menitipkan anak di daycare yang kualitasnya baik.

Diantaranya, anak akan punya banyak teman. Ini akan membantu anak untuk mengembangkan kemampuan sosial. Lewat bersoisalisasi dengan anak-anak lain,  kemampuan kosa anak akan bertambah dan anak bisa belajar berbagi dengan teman-temannya.

Selain itu, daycare atau tempat penitipan anak memiliki program-program pengoptimalan tumbuh kembang anak yang terprogram. Misalnya, pengembangan kemampuan motorik, kemampuan bahasa, agama, kemandirian, kedisiplinan.

Menurut penelitian, anak-anak yang dititipkan di daycare jarang mengalami keterlambatan bicara sampai usia 3 tahun. “Kemungkinan, karena anak usia 1 sampai 1,5 tahun yang dititipkan di TPA mendapat rangsangan bahasa yang lebih intensif dari teman sebaya diban­dingkan anak yang berada di rumah,” ujar anggota tim peneliti, Ratib Lekhal, kandidat doktor dari Norwegian Institute of Public Health.

Bersama Syafa Day Care
Membiasakan Anak dengan Akhlak Islami
CP. 0838.1324.0255 / 0822.1109.2410 (WA)
www.syafadaycare.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebelum Menitipkan Anak di Daycare

Jadwal Kegiatan Syafa Day Care